Sabtu, 27 Desember 2014

Sedikit tentang Fakultas Sains dan Teknologi (FSAINTEK) UIN Sunan Ampel Surabaya


Fakultas sains dan teknologi adalah fakultas baru di UINSA ( Universitas Islam Negeri Sunan Ampel ) yang mempunyai enam jurusan didalaamnya yaaitu : Teknik Lingkungan, Teknik Arsitektur, Ilmu Kelautan, Sistem Informasi, Biologi, dan juga Matematika. Walaupun baru berumur sebiji jagung, namun eksistensi dari mahasiswa SAINTEK tidak bisa hanya dipandang sebelah mata. Beberapa bulan yang lalu dari utusan Teknik Arsitektur telah menyabet juara 2 pekan arsitektur 2014 di UNTAG (Universitas tujuh belas agustus ) tidak hanya itu, lima orang dari mahasiswa teknik lingkungan juga diutus untuk mengikuti kongres IMTLI (Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia) di Universita Pasundan Bandung. Mereka membawa nama UINSA juga membawa nama islam  untuk diperlihatkan kepada Indonesia bahwa universitas islam juga memiliki jurusan teknik lingkungan yang tak kalah dengan universitas negeri lainnya.

Beberapa jurusan lainnya dari fakultas SAINTEK  juga telah menyiarkan terbentuknya Himpunan Mahasiswa Prodi dengan diadakan beberapa acara yang bermanfaat. Walaupun dengan waktu yang sangat singkat, namun mahasiswa SAINTEK UINSA sudah memperlihatkan kesungguhan mereka untuk  menjadikan fakultas SAINTEK  menjadi fakultas yang produktif dan fakuktas yang dapat membawa UINSA menuju gerbang dunia. Meski dengan keterbatasan gedung dan fasilitas namun hal itu tak menjadi kendala bagi mahasiswa SAINTEK dan terus berkarya dan menghasilkan teknologi baru. Beberapa prodi telah mencanangkan program kerjanya, contohnya saja prodi Teknik Lingkungan.

Prodi teknik lingkungan UINSA memiliki program kerja yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan. Program kerja tersebut bertujuan menjaga lingkungan dari kerusakan dengan cara membersihkan lingkungan kampus yang telah tercemar dengan dengan memanfaatkan sampah-sampah yang dihasilkan oleh kampus dengan recycling (daur ulang ) dan mengolahnya menjadi sesuaatu yang bermanfaat bagi sekitar kampus. Teknik lingkungan UINSA juga akan mengadaakan penghijauan pada beberapa daerah disekitar kampus agar polusi yang terjadi di daerah Surabaya tidak berdampak besar pada daerah kampus. Setelah selesai dengan daerah kampus, mahasiswa teknik lingkungan UINSA akan melanjutkan aksinya untuk menyelamatkan keasrian lingkungan didaerah Surabaya dan akan berkanjut pada daerah Indonesia. Dan masih banyak lagi program kerja yang telah dibentuk dari beberapa prodi yang memiliki keistimewaan tersendiri dari bidangnnya (jurusan) masing-masing yang dibentuk untuk mengambil sumbangsi untuk dunia ini.

Mahasiswa SAINTEK UINSA tidak hanya ditujukan untuk menghasilkan suatu teknologi namun juga memiliki tugas untuk mengembalikan kejayaan islam yang telah hilang dari genggaman islam dengan menghasilkan karya-karya yang dapat menumbangkan ilmu pengetahuan yang saat ini dikuasai oleh barat dan mengembalikannya dalam genggaman islam.

By : Nahawanda Ahsanu A.

4 komentar:

  1. kak mau tanya akreditasi untuk masing-masing prodi di fakultas saintek apa ya?

    BalasHapus
  2. maaf untuk keterlambatan responya
    di masing masing prodi masi C

    BalasHapus
  3. Akreditasi prodi Sistem Informasi dan Teknik Lingkungan dong kak?

    BalasHapus
  4. Saya calon MABA Prodi Teknik Arsitektur UINSA, kapan fakultas saintek akreditasinya B?? Terutama Prodi Teknik Arsitektur

    BalasHapus