Jumat, 26 Desember 2014

Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya


PENGEMBANGAN TEKNIK LINGKUNGAN BERBASIS ISLAM DI
UIN SUNAN AMPEL

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi.” Mereka berkata : “Apakah Engkau hendak menjadikan di bumi itu siapa yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Allah berfirman : “Sesungguhnya Aku me-ngetahui apa yang tidak Engkau ketahui.” 
(QS. Al-Baqarah/2 : 30)
***
Jika kita berbicara masalah lingkungan maka tidak akan lepas dari peran sarjana teknik lingkungan dalam memecahkan masalah yang sedang terjadi. Di Indonesia terdapat banyak perguruan tinggi yang memiliki prodi teknik lingkungan, seperti di ITS, ITB, UNAIR, UI dan sebagainya. Yang menarik adalah dari sekian banyak kampus di Indonesia yang berbackground Islam Negeri hanya di UIN Sunan Ampel Surabaya saja yang memiliki program studi Teknik Lingkungan dan kampus ini bisa menjadi kampus percontohan bagi kampu-kampus Islam Negeri yang lain.
Prodi Teknik Lingkungan merupakan prodi baru di UIN Sunan Ampel yang menerima Mahasiswa sejak tahun 2014, meskipun masih baru tapi eksistensinya tidak bisa dipandang sebelah mata karena prodi tersebut mengintegrasikan ilmu sains dan islam. Dalam setiap pembelajaran baik diskusi maupun non-diskusi mahasiswa dituntut untuk menyertakan hadits atau ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan materi kuliah. Misalnya materi kimia menjelaskan tentang atom maka speaker harus menunjukkan ayat al-Qur’an yang menjelaskan hal tersebut.
Saat ini teknik lingkungan menjadi prodi favorit diberbagai universitas, prodi tersebut tidak akan pernah “mati” karena mengingat isu  lingkungan selalu menjadi topik paling hangat setiap tahunnya baik tingkat nasional maupun internasional. Maka tidak salah jika UIN Sunan Ampel membuka prodi Teknik Lingkungan dengan visi mengintegrasikan Ilmu Sains dan Islam.
Prodi Teknik Lingkungan bisa kita temui dibanyak kampus, akan tetapi yang mengintegrasikan sains dan nilai-nilai keislaman sangat sedikit, dan prodi Teknik Lingkungan di  UIN Sunan Ampel menjadi bagian dari yang sedikit tersebut, dan hal itu menjadi keunikan tersendiri yang harus dibanggakan. Dan Pada dasarnya ajaran dalam agama Islam memiliki perhatian yang cukup besar tentang masalah lingkungan, banyak hadits-hadits yang akan kita temui tentang lingkungan baik yang sifatnya tersurat ataupun tersirat. Seperti hadits tentang Istinja’, kebersihan, dan sebagainya.
Background Islam merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa UIN Sunan Ampel prodi Teknik Lingkungan, karena mereka tidak hanya dituntut untuk menguasai materi yang berbasis lingkungan tapi keagamaan pula. Mereka harus menjiwai nilai-nilai keislaman dalam setiap bertindak, artinya mahasiswa harus memiliki moral yang baik yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman.
Di Indonesia prodi Teknik Lingkungan menjadi salah satu prodi yang sangat prospektif kerena saat ini pembangunan yang berbasis lingkungan sedang gencar-gencarnya dilakukan, sehingga sarjana Teknik Lingkungan memiliki peluang yang besar untuk berkontribusi didalamnya. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dituju oleh sarjana teknik lingkungan :
1. Konsultan lingkungan
2. Kementrian Lingkungan Hidup
3. Dosen
4. Greenpreneurship
Masih banyak pekerjaan lain yang mebutuhkan peran sarjana teknik lingkungan, seperti pada setiap proyek pembangunan peran sarjana Teknik Lingkungan selalu dibutuhkan, dan banyak pula perusahaan yang juga membutuhkan peran seorang sarjana Teknik Lingkungan, sehingga bagi para sarjana Teknik Lingkungan tidak perlu hawatir memikirkan kemana dia akan bekerja, yang paling penting adalah kemampuan untuk mengembangkan practice dan soft skill. Jika kedua hal tersebut sudah dimiliki maka tidak perlu khawatir mencari pekerjaan karena pekerjaan yang akan mencari anda, tidak peduli lulusan kampus favorit atau pun non-favorit.

By : Anisatus Saiedah
Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel
Teknik Lingkungan UINSA
Teknik Lingkungan UINSA Surabaya
Twitter : @HimalinkUINSA


14 komentar:

  1. mas/mbak permisi mau tanya mata kuliah teknik lingkungan apa aja ya??
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak mas
      seperti ekologi,kimia,fisika,mekanika fluida,biologi ling dll
      nantinya setiap semester akan berganti matkul
      kebetulan uinsa barusan buka jurusan ini jadi ini kami sebut sesuai pengentahuan kami

      Hapus
  2. Kalau boleh tau akreditasi prodi Teknik Lingkungan UINSA apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kemarin dapat info dari dosen sudah terakreditasi
      insyallah 2 thn lagi akan akreditasi lagi
      ini dikarenakan teknik lingkungan uinsa baru dibuka di tahun 2014

      Hapus
  3. Assalamualaikum
    saya mau tanya teknik lingkungan uinsa terakreditasi apa? akreditasi A atau akreditasi B.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb
      untuk akreditasi teknik lingkungan uinsa alhamdulillah baru terdaftar ditahun ini dikarenakan bukanya prodi teknik lingkungan baru di tahun 2014 kemarin
      jadi akreditasinya sementara masih C

      Hapus
  4. kak mau nanya, di uinsa prodi teknik lingkungan kan masih C, perkiraan bisa Ke Akreditasi B kapan yah???
    apa 4 tahun lagi???

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum kali boleh tau akreditasi teknik lingkungan uinsa tahun 2016 A atau B

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum kali boleh tau akreditasi teknik lingkungan uinsa tahun 2016 A atau B

    BalasHapus
  7. kak kalo thn 2017 akreditasi teknik lingkungan A atau B?

    BalasHapus
  8. Kak boleh tanya nggak?
    Buat kakak angkatan pertama sih.

    Kan kakak angkatan pertama nihh, ada gak sihh kenang-kenangannya buat HMTL dan kampus tercinta kakak. Setelah lulus nanti, ada gak kak? Biar buat contoh jg buat adik-adiknyanya kedepan yg sudah mau lulus. Dalam artian aksi nyata lapangan contohnya kayak buat lubang biopori, ini hanya salah satunya kak. Hihihi
    Sekian terima kasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum, maaf kak mau tanya akreditasi teknik lingkungan di UINSA ini apa ya??
    A tau B kak?

    Terimaksih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, maaf kak mau tanya akreditasi teknik lingkungan di UINSA ini apa ya??
    A tau B kak?

    Terimaksih

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum.

    Saya mau bertanya, apa akreditasi teknik lingkungan untuk tahun 2018 ini??

    Terima kasih.

    BalasHapus